Galery Dokumentasi

galery
galery
galery
galery
galery
galery
galery

Visi dan Misi DPKAD

Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

 

Nama Unit Kerja : Dinas Pengelolaaan Keuangan dan Asset Daerah

Alamat / Telp. Kantor : Komplek Perkantoran Panyaloting,Panyabungan (0636)326181

Tugas dan Fungsi

A. Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah

Melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang pengelolaan keuangan,pendapatan dan asset darah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan

  • Perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkup tugasnya dibidang Pengelolaaan Keuangan,pendapatan dan Asset Daerah;
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum sesuai dengan lingkup tugasnya dibidang Pengelolaaan Keuangan,pendapatan dan Asset Daerah;
  • Pelaksanaan,pengkoordinasian dan pengendalian pembangunan jangka menengah dan tahunan  dibidang Pengelolaaan Keuangan,pendapatan dan Asset Daerah sesuai kebijakan daerah,ketentuan yang standar yang ditetepkan;
  • Penyelenggaraan urusan rumah tangga dan administrasi ketatausahaan dinas;;
  • Penyelenggaraan pembinaan disiplin pegawai dinas;
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas sesuai dengan lingkup tugasnya dibidang Pengelolaaan Keuangan,pendapatan dan Asset Daerah;
  • Pemberian masukan yang perlu kepada atasan sesuai dengan bidang   trugas    dan fungsinya;
  • Pelaporan dan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas dan atasan;
  • Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan kepada atasan;

B. Sekretariat  mempunyai tugas dan fungsi :

Melaksanakan pengkoordinasian penyiapan dan pengumpulan keuangan bahan perumusan kebijakan dan program

dibidang pengelolaan keuangan,pendapatan dan  asset darah serta kebijakan dan progran dinas,memberikan pelayanan

administratif dan fungsional kepada semua unsur di lingkungan dinas serta pengembangan administrasi umum surat menyurat,

hubungan masyarakat,urusan rumah tangga,penyediaan sarana dan prasarana,kearsipan dan ketatalaksanaan,kepegawaian ,

pengelolaan keuangan serta   penyusunan  program kegiatan evaluasi dan pelaporan.

  • Pengumpulan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang pengelolaan keuangan,pendapatan dan asset daerah.
  • Penyusunan program kerja dan kegiatan sekretariat
  • Penyelenggarakan ketatausahaan,administrasi umum dan surat menyurat;
  • Pelayanan dan pemenuhan perlengkapan rumah tangga dinas;
  • Pelayanan administrasi kepegawaian serta pembinaan dan penegakan disiplin bagi semua unsur di lingkungan dinas;
  • Pengelolaan dan penyiapan pertanggungjawaban administrasi keuangan;
  • Pelayanan administrasi keuangan kepada seluruh pegawai dinas;
  • Koordinasi penyusunan program dan kegiatan dinas;
  • Koorninasi penyiapan bahan dan penyusunan RENJA,RKPD,RENTRA,KUA/PPAS,LAKIP,LPPD serta bentuk pelaporan lainnya;
  • Memberian masukan yang perlu kepada atasan sesuai dengan bidang   trugas    dan fungsinya;
  • Pelaporan dan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas dan atasan;
  • Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan kepada atasan;

C. Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian mempunyai tugas dan fungsi :

Melaksanakan urusan serat menyurat,kearsipan,keprotokolan,perlengkapan rumah tangga dan perpustakaan serta administrasi kepegawaian dinas.

  • Melaksanakan penomoran surat keluar,surat masuk dan administrasi ketatausahaan lainnya serta penataan kearsipan kantor;
  • Melaksanakan pengadaan dan penyedian perlengkapan dan sarana administrasi kantor;
  • Melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor;
  • Melaksanakan urusan kehumasan dan pelanyana informasi kepada masyarakat dan media massa;
  • Melaksanakan urusan administrasi pegawai dinas dalam penerbitan kenaikan pangkat,kenaikan gaji berkala,kenaikan jabatandan administrasi lainnya;
  • Mempersiapkan dan mmproses tindakan pembinaaan penegakan disiplin pegawai berupa pemberian tanda penghargaan berkaitan dengan prestasi pegawai dan pengenaan sanksi yang berkaitan dengan pelanggaran yang dilakukan pegawai berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Mempersiapkan dan memproses administrasi DP3 pegawai dinas setiap tahunnya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Melaporkan pertanggungjawaban pelaksanaan tugasnya kepada sekretaris;
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.

D. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas dan fungsi :

Melaksanakan urusan administrasi keuangan serta penyiapan laporan dan pertanggung jawaban keuangan dinas.

  • Melaksanakan kegiatan menyangkut pelaksanaan administrasi penggajian dan tunjangan pegawai;
  • Melaksanaan urusan administrasi keuangan lainnya,dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas-tugas kantor secara umum;
  • Melaksanakan koordinasi dan pengawasan pencairan anggaran kegiatan dan program kerja dibidang pemuda,olahraga,kebudayaan dan pariwisata dinas;
  • Melaksanakan penyusunan dan pertanggung jawaban keuangan dinas;
  • Memberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugas dan funfsi kepada atasan;
  • Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan;

E. Sub Bagian Program mempunyai tugas dan fungsi :

Melaksanakan pengkoordinasian dan penyusunan program dan kegiatan dinas serta program kegiatan dibidang pengelolan keuangan,pendapatan dan asset                  daerah dan melaksanakan monotoring,evaliasi dan pelaporan atas pelaksanannya

  • Pengumpulan  dan penyusunan program  dan kegiatan pembangunan dibidang pengelolaan keuangan,pendapatan dan asset daerah serta program dan kegiatan dinas;
  • Pengkoorninasian dan penyusunan RENJA,RKPD,RENTRA,KUA/PPAS,LAKIP,LPPD serta bentuk pelaporan lainnya;
  • Pelaksanan penelitian dan pengembangan,penumpulan dan pengelahan data dan informasi pengelolaan keuangann,pendapatandan asset darah;
  • Pelaksanaan monotoring dan evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan progran dan kegiatan;
  • Memberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Melaporkan dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Melaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

 

F. Bidang Anggaran  mempunyai tugas dan fungsi :

Membantu kepala dinas Pengelolaan keuangan dan asset daerah dalam  menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang anggaran,

yang meliputi penyusunan anggaran,pengendalian anggaran dan veripikasi anggaran

  • Penyusunan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang anggaran;
  • Menghipun dan mengelola urusan anggaran dari SKPD untuk menyusun rancangan APBD dan rancangan Perubahan APBD;
  • Menyiapkan dokumen pengesahan DPA-SKPD dan DPPA-SKPD;
  • Pengendalian surat penyediaan dana (SPD) serta menyiapkan dokumen penetapanSPD;
  • Meneliti kelengkapan dokumen SPM UP,GU,dan TU;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan

G. Seksi Perencanaan dan Penyusunan Anggaran  mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan sebagian tugas bidang anggaran yang berkaitan dengan pengumpulan bahan penyusunan rancangan APBD dan rancangan

perubahan APBD,serta penerbitan DPA-SKPD dan DPPA-SKPD.

  • Penyiapan bahan  kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang perncanaan dan penyusunan anggaran;
  • membuat surat tentang penyusunan R.APBD/P.APBD kepada satuan kerja perangkat daerah;
  • Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyusunan konsep nota keuangan R.APBD dan R.P.APBD;
  • Membuat surat penyusunan DPA berdasarkan APBD dan P.APBD kepada satuan kerja perangkat daerah;
  • Menyiapkan dokumen pengesahan DPA-SKPD dan DPPA-SKPD;
  • Mendistribusikan DPA kepada satuan perangkat darah;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

H. Seksi Verifikasi  mempunyai tugas dan fungsi

Membantu kepala bidang anggaran dalam melaksanakan verifikasi anggaran.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang verifikasi;
  • Meneliti kelengkapan berkas SPM dari pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran sesuai persyaratan yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  • Menyiapkan konsep surat penolakan penerbitan SP2D atas dokumen SPm dari pengguna anggaran yang tidak lengkap;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan

I. Seksi Pengendalian anggaran  mempunyai tugas dan fungsi

Membantu kepala bidang anggaran dalam melaksanakan mengendalikan penyedia dana anggaran.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang pengendalian anggarani
  • Meminpin,mengatur dan membina pelaksanaan kegiatan / pekerjaan sesuia lingkup bidang tugas sesksi pengendalian anggaran;
  • Meneliti, menyiapkan dan penerbitan SPD (Surat Penyediaan Dana ) sesuia dengan DPA-SKPD/DPPA-SKP;
  • Melaksanakan koordinasi dengan unut kerja / bidag terkait dalam rangka pelaksanaan tugas;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan

J. Bidang Perbendaharaan dan gaji  mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan bidang perbendaharaan dan gaji.

  • Penyusunan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan dibidang perbendaharaan dan gaji;
  • Koordinasi dan pelaksanaan dibidang perbendaharaan dan gaji;
  • Pelaksanaan penatausahaan dan pengelolanan gaji;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan

 

K. Seksi Perbendaharaan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan bidang perbendaharaan dan gaji.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan dibidang perbendaharaan;
  • Mempersiapkan surat keputusan pejabat yang diberi wewenang selaku koordinator pengelolaan keuangan daerah,pejabat pengelola keuangan daerah(PPKA),bendahara umum daerah (BUD),pejabat yang menandatangani SPD,pejabat yang menandatangani surat persetujuan permintaan uang persediaan (UP),surat persetujuan;
  • Ganti Uang (GU) dan surat persetujuan tambahan uang (TU),selakukuasa bendahara umum daerah dan menandatangani SP2D;
  • Mempersiapkan surat keputusan pengankatan pengguna anggaran,kuasa pengguna anggaran,pejabat yang menandatangani SPM,pejabat pengesahan SPJ,bendahara penerimaan,bedahara pengeluaran,bendahara penerima pembantu dan bendahara pengeluaran pembantu pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD);
  • Mengadakan pengujian terhadap semua penagihan  dari SPD dari bendahara pengeluaran SKPD/pihak ketiga;
  • Menerbitkan dan mencatat SP2D UP,GU,TU dan LS;
  • Mengisi kartu kredit anggaran pengendalian SP2D;
  • Mempersiapkan laporan realisasi SP2D langsung (LS);
  • Memberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

L. Seksi Kas Daerah mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan bidang kas daerah.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program seksi kas daerah;
  • Melaksanakan penerimaan,pencatatan,penyimpanan dan pengeluaran uang kas daerah;
  • Mempersiapkan anggaran kas;
  • Melaksanakan pemantauan sirkulasi penerimaan dan pengeluaran keuangan daerah baik oleh bank dan lembaga keuangan lainnya yang ditunjuk;
  • Melaksanakan penbanyaran berdasarkan permintaan pejabat pengguna anggaran atas beban rekening kas umum daerah sesuai dengan dokumen SP2D;
  • Melakukan pengelolaan hutang dan piutang daerah;
  • Mengelola dan mengendalikan kas daerah dari bank daerah;
  • Melaksanakan rekonsiliasi bank;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

M. Seksi Gaji mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan bidang gaji.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program seksi gaji;
  • Pengujian kebenaran gaji atas penerbitan surat perintah pencairan dana;
  • Penerbitan SP2D gaji pegawai;
  • Membuat dan mencetak daftar gaji pegawai;
  • Pemprosesan surat keputusan pemberhentian pembayaran;
  • Mempersiapkan laporan realisasi gaji pegawai;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

N. Seksi Akuntansi dan pelaporan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta penyelenggaraan urusan  bidang akuntansi dan pelaporan.

  • Penyusunan  bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan bidang akuntansi dan pelaporan;
  • Penyelenggaraan sistem dan teknologi informasi akuntansi;
  • Pengolahan data transaksi keuangan pemerintah;
  • Pelaksanaan konsilidasi laporang keuangan pemerintah pusat di wilayah;
  • Pelaksanaan rekonsilasi laporan sisten akuntansi instansi dengan sistem akuntansi kas umum negara;
  • Pelaksanaan bimbingan teknis dan penyuluhan sistem akuntansi pemerintah pusat dan sistem akuntansi pemerintah daerah;
  • Pelaksanaan analisis laporan keuangan pemerintah;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

O. Seksi Akuntansi dan Pembukuan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan bidang akuntansi dan pembukuan.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program akuntansi dan pembukuan
  • Mempersiapkan bahan -bahan yang berkaitan dengan pembukuan keuangan daerah secara sistematis dan kronologis terhadap realisasi APBD;
  • Mempersiapkan bahan penyusunan kebijakan sistem dan prosedur akuntansi pemerintah daerah;
  • Mempersiapkan bahan-bahan penyusunan neraca daerah;
  • Mempersiapkan bahan penyusunan aliran kas;
  • Mempersiapkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan yang meliputi laporan semester dan prognosis serta perhitungan APBD;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

P. Seksi Laporan Keuangan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang laporan keuangan.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang laporan keuangani;
  • Melaksanakan konsolidasi data keuangan daerahdengan SKPD;
  • Melaksanakan pengkajian,evaluasi dan analisa data atas laporan realisasi APPBD;
  • Mempersiapkan bahan penyusunan nota keuangan;
  • Mempersiapkan bahan -bahan penyajian informasi keuangan daerah secara sistematis;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

Q. Seksi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan daerah mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang laporan Pertanggungjawaban keuangan daerah.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang laporan pertanggungjawaban keuangan daerah;
  • Melaksanakan pengkajian,evaluasi dan analisa data atas laporan realisasi APPBD;
  • Mempersiapkan bahan penyusunanloperan pertanggungjawaban  keuangan daerah;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

R. Bidang pendapatan asli daerah mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang pengembangan dan pengelolaan pendapatan asli daerah.

  • Perumusan kebijakan teknis  dibidang pendapatan asli daerah;
  • Menyusun rencana Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  • Mengelola sistem informasi Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  • Mengintensifkan dan memaksimalkan upaya-upaya penggalian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  • Membuat evaluasi terhadap rencana penetapan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansiterkait pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap setoran realisasi Pendapatan Asli aerah (PAD);
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait (satpol-PP) dalm hal penegakan perda;
  • Melakukan pengawasan terhadap semua setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

S. Bidang Pendataan dan penetapan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan penyusunan  bahan perumusan kebijakan dan program serta           pelaksanaan      dibidang pendataan dan penetapan potensi PAD;

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang pendataan dan penatapan potensi PAD;
  • Melaksanakan pendaftaran dan pendataan subjek/objek Pendapan Asli Daerah;
  • Melaksanakan pemutakhitar data subjek/objek Pendapatan Asli Daerah;
  • Melaksanakan evaluasi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah;
  • Membuat surat ketetapan pajak/retribusi daerah;
  • Menyampaikan surat ketetapan pajak/retribusi daerah kepada wajib pajak;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

T. Bidang Penagihan dan Layanan Pengaduan mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan      dibidang penagihan dan layanan pengaduan.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang penagihan dan layanan pengaduan;
  • Melaksanakan penagihan pajak daerah,retribusi daerah dan Pendapatan Asli Daerah yang sah;
  • Melaksanakan pencatatan dan pembukaan Pendapatan Asli Daerah per wajib pajak dan objek pajak;
  • Membuat daftar wajib pajak/wajibretribusi;
  • Melaksanakan pencatatan dan pembukuan pembayaran Pendapatan asli Daerah;
  • Melaksanakan koorninasi dengan instansiterkait tentang realisasi Pendapatan Asli Daerah;
  • Membuat laporan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap bulan;
  • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari masing-masing DKPD/kecamatan;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

U. Seksi Penggalian dan Pengembangan potensi PAD mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan      dibidang Penggalian dan pengembangan potensi PAD.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang penggalian dan pengembangan potensi PAD;
  • Melaksanakan Penggalian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi;
  • Menyusun rencana Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahun;
  • Melaksanakan evaluasi terhadap potensi (PAD);
  • Melaksanakan koorninasi dengan instansi terkait terhadap penerimaan daerah;
  • Menyusun rencana kenaikan atau penurunan target PAD setiap tahun;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

V. Bidan Pendapatan Lain-lain mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan urusan dibidang Pengelolaan pendappatan lain-lain.

  • Penyusunan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang pengelolaan pendapatan lain-lain;
  • Koordinasi pelaksanaan pengelolaan bagi hasil pajak dan bukan pajak;
  • Koordinasi dan pelaksanaan perhitungan dan singkronisasi pendapatan lain-lain;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

W. Seksi Bagi hasil pajak dan bukan pajak  mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan      dibidang bagi hasil pajak  dan bukan pajak.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang bagi hasil pajak dan bukan pajak;
  • Melaksanakan pendataan / penetapan objek pajak pBB pedesaan perkotaan dn sektor lainnya;
  • Melaksakan dan koordinasi penagihan PBB pedesaan perkotaan dan sektor lainnya sampai dengan tingkat kecamatan;
  • Melaksanakan pemutakhiran data wajib pajak PBB pedesaan perkotaan dan sektor lainnya sampai dengan ditingkat kecamatan;
  • Melaksanakan monitoring realisasi PBB pedsaan perkotaan;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

X. Seksi pendataan lainnya mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang pendapatan lainnya.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dmonitoring realisasi pembayaran sumber dana pendapatan lain-lain pada setiap SKPD;
  • Melaksanakan koordinasidengan kuasa bendahara umum daerah (BUD) dalam realisasi pendapatan dan pengeluaran danaPPL;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

Y. Seksi Perhitungan dan singkronisasi PPL mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan      dibidang perhitungan dan singkronisasi PPL.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang perhitungan dan singkronisasi PPL;
  • Melaksanakan perhitungan dan singkronisasi sumber dana PPL dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi;
  • Melaksanakan asistensi bersama SKPD setiap anggaran yang dialokasikan masing - masing SKPD;
  • Menghimpun surat keputusan baik kepres,PMK,Sk Gubernur dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan alokasi dana PPL setelah penyusunan R>APBD maupun R.P.APBD;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

Z. Seksi Bidang asset dan kekayaan daerah mempunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang pengelolaan aset dan kekayaan daerah.

  • Penyusunan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang pengelolaan dan kekayaan daerah;
  • Koordinasi dan pelaksanaan inventarisasi aset dan kekayaan daerah;
  • Koordinasi dan pelaksanaan analisa kebutuhan barang;
  • Koordinasi,fasilitasi dan pelaksanaan pengendalian dan perawatan barang milik daerah;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

a. Seksi inventarisasi aset dan kekayaan daerah mempunyai  tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang inventarisasi aset dan kekayaan daerah.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program serta pelaksanaan  dibidang inventarisasi aset dan kekayaan daerah;
  • Menyusun pedoman pelaksanaan inventarisasi barang milik daerah;
  • Melaksanakan rekapitulasi atas pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan pemeliharaan SKPD;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

b. Seksi analisa Kebutuhan Barang,Pengadaan dan pendistribusianmpunyai tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang analisa kebutuhan barang,pengadaan dan pendistribusian.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang analisa kebutuhan barang,pengadaan dan pendistribusian;
  • Melaksanan kajian dan analisa kebutuhan barang pada masing-masing SKPD;
  • Merumuskan standarisasi sarana dan prasarana pemerintah;
  • Merumuskan standar biaya umum dan standar biaya khusus pemerintah daerah;
  • Melaksanakan koordinasi dengan SKPD pada kegiatan pengadaan barang/jasa dalam penyusunan APBD dengan membuat rencana kebutuhan barang dan rencana kebutuhan pemeliharaan barang;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

c. Seksi Penendalian dan perawatan mepunyai  tugas dan fungsi

Melaksanakan perumusan bahan kebijakan dan program serta pelaksanaan dibidang pengendalian dan perawatan.

  • Penyiapan bahan perumusan kebijakan dan program dibidang pengendalian dan perawatan;
  • Menyusun pedoman pelaksanaan administrasi pengelolaan barang milik daerah;
  • Menyusun kode barang dan kode lokasi;
  • Menyusun pedoman perawatan barang milik daerah;
  • Melaksanakan koordinasi dalam penataan administrasi pengelolaan barang milik daerah;
  • Melaksanakan pengamanan barang beserta dokumen kepemilikan berupa tanan dan atau bangunan,barang - barang berharga,barang bergerak;
  • Pemberikan masukan yang perlu kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  • Pelaporan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;
  • Pelaksanakan tugas lainnya yang di berikann oleh atasan;

 

Visi

" MENJADI LEMBAGA PENGELOLA KEUANGAN DAN ASSET PROPESIONAL,AKUNTABEL DAN BERINTEGRITAS"

 

Misi

  • Meningkatkan kualitas tata kelola keuangan asset yang professional dan moderern;
  • Meningkatkan akuntabilitas manajemenkeuangan daerah;
  • Meningkatkan kemandirian sumber-sumber keuangan daerah;
  • Meningkatkan kapasitas organisasi dan sumber daya manusia yang amanah dan berintegritas;

 

 

 

 

Bupati Mandailing Natal

Drs. H. Dahlan Hasan Nasution

Sedang Online

We have 7 guests online

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut anda website Pemkab Madina ini..?